Gerimis Mengiringi Pentas Jathilan

sunarno 19 April 2024 10:19:03 WIB

Karangwuni SIDASAMEKTA, 19 April 2024. Pentas jathilan  kelompok kesenian turonggo Wulung dalam acara memeriahkan bersih dusun atau rasul di sertai dengan turunnya hujan. Pentas yang dilaksanakan seusai sholat dzuhur tersebut sebenarnya sudah di siapkan mulai dari pagi, para parogo sudah berkumpul dan mengenakan kostum sesuai arahan sutradaranya, mulai pagi cuaca sanata cerah tapi selepas sholat dzuhur kondisi mendung dan turunlah hujan.

Walau hujan turun ternyata tidak menurunkan semangat para penonton serta pemain, terbukti tetap pentas penuh dengan semangat dan penjiwaan. Penonton tetap antusias walau tidak sedikit yang menggunakan paying untuk berteduh.

Sudah menjadi tradisi pada bulan yang di tentukan serta hari Kamis Kliwon Masyarakat padukuhan suruh mengadakan ritual rasulan, salah satu tujuan kegiatan tersebut sebagai bentuk ucapan Syukur kepada Yang Maha Pencipta atas hasil panen yang melimpah, serta seberkas do’a semoga di tahun yang akan dating panen tetap melimpah. Tidak pula menajatkan do’a atas keselamatan warga padukuhan, serta Masyarakat yang ayom, ayem, toto, titi, Tentrem, kerto raharjo untuk selamanya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung